Desember 10, 2022

LPMU

Universitas Muhammadiyah Lampung

Sosialisasi aplikasi SIKITO di Universitas Muhammadiyah Lampung

Sehubungan dengan perubahan Penilaian Angka Kredit Dosen di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah II dari sistem offline ke sistem online SIKITO (Sistem Informasi Kepangkatan Jabatan Funsgional Online) kegiatan sosialisasi Aplikasi SIKITO dilaksanakan bersama Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah II di Auditorium K.H. Ahmad Dahlan UML pada Rabu 26 Februari 2021.

Rektor UML Dr. H. Dalman, M.Pd dalam sambutanya meminta seluruh dosen UML agar benar-benar memahami prosedur pengajuan JJA secara daring melalui sosialisasi aplikasi SIKITO tersebut.

Pendampingan sosialisasi aplikasi SIKITO juga di hadiri oleh Warek II Emy Sri Purwani, M.Si dan Warek III M. Sholihin, M.Pd.I serta Kabiro AUK H. Marzuki, S.E., M.M juga para Dekan, Kaprodi serta seluruh Dosen UML.

“Sosialisasi ini harus benar-benar dipahami oleh Bapak dan Ibu dosen di lingkungan UML dan tidak sekedar berhenti menjadi pemahaman pengetahuan, akan tetapi digunakan untuk menuntun diri masing-masing dalam rangka menyiapkan persiapannya mengusulkan JJA di lingkungan LLDikti Wilayah II,” kata Dalman.

“Pemberlakuannya untuk pengusulan yang sudah melewati tanggal 16 Desember 2020, sudah tidak lagi dilaksanakan secara offline, sehingga memang Sikito ini menjadi satu-satunya aplikasi yang harus dipahami serta kuasai oleh semua dosen di UML tanpa terkecuali, harapanya pendampingan sosialisasi ini juga dapat memberi output terjadinya peningkatan terhadap JJA dosen” tambahnya.

Sementara, Tri Gunendro dari Tim Sikito LLDikti Wilayah II Sumbagsel, menjelaskan bahwa tidak ada yang sulit dalam pelaporan ke SIKITO. “Kalau terdapat kesulitan bisa langsung menanyakan ke tim atau langsung ke LLDIKTI,” ungkapnya.

Menurut dia, aplikasi Sikito juga memudahkan untuk tidak mengecek berkas kembali dan hanya dapat digunakan oleh dosen di wilayah II Sumbagsel. “Kami sebagai pelayan kepada perguruan tinggi di wilayah II untuk membantu dalam pengurusan jenjang akademik agar para dosen UML seluruhnya memiliki JJA. Batas akhir bagi seluruh dosen dilingkungan LLDIKTI Wilayah II yang belum mengajukan JJA adalah pada bulan September 2021.” kata Gunendro.