Desember 10, 2022

LPMU

Universitas Muhammadiyah Lampung

Melalui P2K UML, Bentuk Mahasiswa Jadi Calon Pengusaha yang Ber-akhlaqul Karimah

Universitas Muhammadiyah Lampung menggelar kegiatan program pengenalan kampus tahun 2021/2022 dengan tema membangun generasi muhammadiyah yang kompetitif, enterpreneur dan ber-akhlaqul karimah, 21-23 September 2021

Kegiatan tersebut dibuka secara daring oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Prof. Dr. Marzuki Noor, MS, dan secara luring oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Dalman M.Pd. 

Ada 400 mahasiswa baru dari 5 fakultas dan 12 prodi yang ikut kegiatan tersebut. Diantara 400 mahasiswa tersebut, 24 mahasiswa dari 12 prodi mengikuti kegiatan tersebut secara luring sebagai perwakilan. Sebelum mengikuti kegiatan mereka sudah diswab. Sementara mahasiswa lain mengikuti secara daring.

Sementara dari UML di hadiri oleh para wakil rector diantaranya Warek I Dr. Any Nurhayaty, Warek II Emy Sri Purwani, M.Si dan Warek III M. Sholihin, M.Pd.I didampingi Dekan FAI Ahmad Luviadi, M.Pd.I. serta kepala biro AUK UML H. Marzuki, S.E., MM.

Dalman mengatakan, sangat bangga dan mengapresiasi mahasiswa yang memilih kuliah di Universitas Muhammadiyah Lampung. Menurut Dalman, kuliah di Universitas Muhammadiyah Lampung adalah pilihan yang tepat. 

Sebab kualitas Universitas Muhammadiyah Lampung tidak perlu diragukan lagi. Universitas Muhammadiyah Lampung sudah 34 tahun berdiri dan memiliki akreditasi B. 

Ditambah lagi Universitas Muhammadiyah Lampung sudah menerapkan merdeka belajar kampus merdeka. Penerapannya seperti ketika sudah memasuki semester lima, mahasiswa bisa mengambil 20 sks dimana diantara sks tersebut bisa ada mata kuliah di prodi lain di Universitas Muhammadiyah Lampung.

Selanjutnya di semester berikutnya bisa mengambil 20 sks lagi, dan diantara sks tersebut bisa mengambil mata kuliah di universitas lain. Tidak hanya kuliah, tapi di Universitas Muhammadiyah Lampung mahasiswa juga bisa belajar berwirausaha dan magang.

“Untuk semakin menambah pengetahuan dan ilmu mahasiswa tentang wirausaha, Universitas Muhammadiyah Lampung juga rutin menggelar workshop dan seminar,” kata Dalman.

Selain itu Universitas Muhammadiyah Lampung juga mengadakan pengajian rutin setiap bulan yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Untuk saat ini pengajian masih diadakan secara daring karena sedang ada pandemi. 

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Prof. Dr. Marzuki Noor, MS mengatakan dirinya sangat berharap mahasiswa bisa menimba ilmu selama di Universitas Muhammadiyah Lampung. 

Kemudian ketika sudah lulus, semua mahasiswa diharapkan tidak hanya lulus dengan menyandang gelar sarjana, tapi bisa memiliki ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sampai sekarang masih ada orang-orang yang ketika lulus, hanya menyandang gelar sarjana. Tapi ilmunya tidak bermanfaat untuk  masyarakat,” kata Marzuki Noor

Ketua Panitia kegiatan P2K Tansri Adzlansyah, M.Psi. Psikolog dalam sambutanya yang di wakili oleh Wakil Ketua Panita Ribut Julianto, S.Kom mengatakan, semua mahasiswa diharapkan dapat mengenal kegiatan kampus dan beradaptasi selama kegiatan program pengenalan kampus berlangsung.

Selain itu juga selama program pengenalan kampus diharapkan dapat menjalin kekeluargaan dan memahami pendidikan yang ditempuhnya, sehingga kedepannya mahasiswa akan lancar menempuh pendidikannya.

Kegiatan Program pengenalan kampus adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan sebelum mahasiswa baru mulai menempuh pendidikannya

Selama program pengenalan kampus berlangsung, akan ada berbagai kegiatan. Seperti pemberian materi, diskusi, ceramah, tanya jawab, sosialisasi, kreasi, inovasi, pengenalan lembaga kemahasiswaan dan sebagainya. ( Bastian – Humas )