Desember 10, 2022

LPMU

Universitas Muhammadiyah Lampung

Workshop Penyusunan Proposal Hibah PKM Bagi Dosen Perguruan Tinggi Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah II

LLDIKTI Wilayah II melaksanakan kegiatan Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Hibah Kemdikbudristekdikti untuk PKM bagi dosen Universitas Muhammadiyah Lampung (UML).

Pelatihan Dosen UML merupakan bahagian program kerja  dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP3M) UML ini berlangsung pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 15 hingga 16 September 2021 yang bertempat di Auditorium KH Ahmad Dahlan lantai III Kampus I UML.

Dengan mendatangkan pembicara tiga orang diantaranya dari Universitas Lampung  Sri Waluyo, Ph.D. kemudian dari UM Metro Dr. Agus Sutanto dan dari Bengkulu Bapak Parwito, M.P

Sementara dari UML dihadiri oleh Wakil Rektor II Emy Sri Purwani, M.Si serta ketua panitia kegiatan H. Marzuki, S.E., M.M. dank Kepala LP3M UML Dr. Mardiana dan tim serta para dosen UML yang sempat hadir. 

Rektor UML Dr. Dalman berharap bahwa kegiatan ini akan dapat meningkatkan pengetahuan para peserta dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Dengan demikian, perolehan hibah penelitian dosen di UML khususnya akan meningkat,” ujar Dr.Dalman. 

Dijelaskannya, PKM adalah salah satu unsur penting dan vital bagi dosen dalam kegiatan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, tujuanya adalah untuk meningkatkan kinerja dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Dengan adanya pendampingan ini diharapkan para dosen dapat termotivasi untuk melaksanakan PKM dan mendapatkan hibah ini,”tambahnya. 

Harapannya,  kegiatan ini menjadi bagian upaya strategis untuk memacu semangat dan motivasi para dosen untuk giat bersaing mendapatan hibah pengabdian sehingga ke depan kinerja pengabdian UML semakin meningkat.

Selanjutnya, Dalman menyampaikan gambaran sekema dari penelitian hibah dikti. Yakni,  Dalam Workshop Penulisan Proposal Hibah Dikti ini beliau menyampaikan ada 3 skema yaitu skema kompetitif nasional, skema disentralisasi dan skema kategorisasi penelitian penugasan.

“Maka dari itu lembaga, prodi, dan dosennya sendiri perlu membuat road map PKM, serta menentukan peta skema PKM mana yang akan diikuti oleh masing-masing minimal untuk lima tahun ke depan, agar mudah membuat perencanaan PKM,”tambahnya. 

Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Yuliyansyah yang di wakili oleh Kabid Kemahasiswaan Sunarto, S.H., M.Si pada pukul 08.00 WIB. 

Dalam sambutannya, Sunarto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UML dan jajaran yang berkenan melaksanakan kegiatan workshop di UML serta para narasumber yang telah berkenan hadir untuk memberikan materi dalam kegiatan ini.

Pada workshop tersebut akan dipaparkan bagaimana mempersiapkan proposal yang baik dan benar agar proposal yang kita ajukan mendapatkan pendanaan (lolos). Selain itu dijelaskan juga beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pengajuan proposal yang membuat proposal yang kita ajukan menjadi tidak lolos.

 “Yang pertama kali dilihat adalah siapa anda, bagaimana publikasi anda selama ini, maka sebelum mengupload semuanya, login dan update semua karya terlebih dahulu di simlitabmas, yang dilihat seorang  reviewer bukan isinya tapi yang dilihat pertama adalah CVnya, untuk dapat mengetahui apakah orang ini konsisten atau tidak dalam melakukan penelitian. Rekam jejaknya baik atau tidak, itu yang dapat menentukan lolos atau tidaknya” ujar Sunarto.

Sunarto pun menyampaikan bahwa Workhsop ini akan menjadi upaya strategis untuk meningkatkan kinerja pengabdian bagi Para dosen. “Diharapkan komitmen untuk mengajukan atau submit dengan mengupload proposal tahun 2021,”tutupnya. ( Bastian – Humas UML )