Desember 10, 2022

LPMU

Universitas Muhammadiyah Lampung

Fungsi & Tugas

LPMU (Internal Quality Assurance / IQA) adalah organ Universitas yang merupakan unsur legal, pengawasan dan penjaminan mutu yang bertanggung jawab membantu Pimpinan Universitas di bidang penjaminan mutu. Untuk peran penjaminan mutu, LPMU berkoordinasi dengan Unit Penjaminan Mutu (Quality Assurance Unit) di tingkat Fakultas dan Gugus Kendali Mutu (Quality Control Circle) ditingkat Program Studi dan Unit Pendukung.

Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) menerapkan sistem penjaminan mutu dalam upaya peningkatan mutu secara berkelanjutan. Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) merupakan wujud pertanggung jawaban dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dan peningkatan mutu karya-karya UML dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dilaksanakan secara periodik dalam periode yang lebih pendek dari Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) untuk peningkatan mutu secara berkelanjutan agar pencapaian dan standar mutu internal senantiasa dapat ditingkatan sehingga melampaui standar mutu eksternal. Lingkup Sistem Penjaminan Mutu UML meliputi bidang Akademik dan Non Akademik yaitu Terkait Proses maupun hasil penyelenggaraan bidang-bidang tersebeut. Sistem Penjaminan Mutu diterapkan melalui Perencanaan, Penerapanm Pengendalian dan Pengembangan Standar Mutu secara konsisten dan berkelanjutan.

Sistem Penjaminnan Mutu Eksternal (SPME) Universitas Muhammadiyah Lampung dilaksanakan melalui sertifikasi mutu, akreditasi dan keikutsertaan dalam pemeringkatan universitas. Sertifikasi, akreditasi dan pemeringkatan dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kuantitas dan mutu kontribusi karya-karya Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi masyarakat luas, mendorong peningkatan capaian dan standar mutu program studi dan institusi serta mengetahui tingkat kredibilitas dan reputasi penyelenggara program studi dan institusi secarea terukur dan independen juga meningkatan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.

Tugas

Sistem Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Lampung dilaksanakan dan dikoordinasi melalui Lembaga Penjaminan Mutu Univesitas (LPMU) di tingkat Universitas. LPMU bertugas dalam:

1. Pengkoordinasian perencanaan dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu secara keseluruhan.
2. Pengkoordinasian pembuatan dan pendokumentasian perangkat operasional standar yang diperlukan dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu.
3. Pengkoordinasian dalam monitoring pelaksanaan sistem penjaminan mutu.
4. Pengkoordinasian pelaksanaan internal assessment.
5. Pengkoordinasian pelaksanaan pelaporan pelaksanaan penjaminan mutu kepada Rektor.